1 Juni 2012

F (X)


f (x) Adalah girlband dari korea selatan yang dibentuk, oleh SM Entertainment pada tahun 2009. Kelompok ini memulai debut mereka pada tanggal 1 September 2009 dengan merilis sebuah single digital "La Cha Ta". Girlband ini terdiri dari 5  personil, yaitu : Victoria, Amber, Luna, dan Krystal

SM pertama merilis teaser kelompok melalui YouTube pada tanggal 24 Agustus, SM memperkenalkan mereka sebagai "Grup Dance Pop Asia." Selama lima hari, informasi individual dirilis,  melalui portal berita dan gambar yang dipasang masing-masing anggota di website resmi SM Town, dimulai dengan Sulli anggota Korea pada tanggal 26 Agustus Taiwan-Amerika Amber anggota pada tanggal 27 Agustus, Korea-Amerika anggota Krystal pada tanggal 28 Agustus Korea anggota Luna pada 29 Agustus, dan terakhir anggota Cina Victoria pada 30 Agustus.

Pada tanggal 1 September single pertama f(x), "La Cha Ta" dirilis secara digital. Setelah penampilan pertama mereka di Pusat Mode Samseong-dong pada 2 September, video musik diputar dan dirilis secara online pada hari berikutnya. Mereka membawakan "La Cha Ta" dalam acara MBC Music Core pada tanggal 5 September, sebagai awal mula debut mereka.

Pada tanggal 7 Oktober, kelompok ini juga merilis versi elektro-pop dari single digital, " Chocolate Love", bersama Girls’ Generation dari manajemen yang sama. Single ini dirilis untuk promosi seri Blacklabel 4 edisi telepon Cyon LG, LG Chocolate (BL40).
Pada tanggal 9 November 2009, f (x) merilis album pertama mereka, Chu ~ , yang terdiri dari 3 lagu.
Pada tanggal 19 dan 20, f (x) tampil sebagai tamu istimewa pada konser Into The New World , Girls 'Generation, di Gymnasium Anggar Olimpiade.

Pada tanggal 2 Januari 2010, kelompok ini merilis lagu Cina, "Lollipop" - ditulis oleh Julius Dixson dan Beverly Ross, yang mereka berkolaborasi dengan boy band Cina, MIC, untuk mempromosikan LG Cyon telepon. Video musik ini dirilis secara digital pada tanggal 12 Januari 2010.


Pada tanggal 4 Mei f (x) pertama mereka merilis mini-album, Nu ABO, yang terdiri dari 6 lagu. Single utama, "Nu ABO", diatapi musik online Portal grafik Monkey3, Dosirak dan Bugs.  Lagu ini juga berhasil sampai ke Bagan Gaon nomor satu mingguan single. Video musik untuk lagu ini dirilis pada 6 Mei. Kelompok ini berhasil comebacks hidup mereka di KBS Music Bank pada tanggal 7 Mei Music Core MBC pada 8 Mei dan SBS Inkigayo pada tanggal 9 Mei. 
Amber melanjutkan cuti pada bulan Juni karena cedera pergelangan kaki. Kegiatan f(x) untuk sisa tahun 2010, dilakukan tanpa dia.

Pada tanggal 17 Juli, kelompok ini mulai melakukan promosi single berikutnya mereka, "Mr Boogie", dari mini album mereka, Nu ABO. penampilan pertama mereka untuk lagu di Music Core MBC.

f (x) juga berpartisipasi dalam Live Tour SMTOWN '10 World bersama rekan satu label mereka pada 21 Agustus di Seoul Jamsil Olympic Stadium. Mereka juga tampil di Tokyo, Shanghai, Los Angeles dan Paris (2011) .

Pada tanggal 24 November 2010, Avex Entertainment, serta SM Entertainment Jepang, merilis sebuah pernyataan tentang perpanjangan kontrak seniman SM menandatangani kontrak dengan Avex. Ini menyatakan bahwa f (x) kini menandatangani kontrak dengan Avex, dan album yang akan dirilis di bawah label di Jepang, Taiwan, Cina dan Hong Kong.

SM Entertainment mengumumkan bahwa, Amber telah kembali dari Amerika Serikat setelah cuti panjang sejak Juni 2010, dan bahwa f (x) berencana untuk merilis album studio pada awal tahun (2011).

Foto teaser pertama untuk album penuh mereka yang berjudul Pinocchio dirilis pada tanggal 7 April 2011 di website f(x) resmi. Teaser MV untuk single pertama, "Pinocchio (Danger)" , dirilis pada 15 April 2011. Album ini dirilis pada tanggal 20 April 2011 dan APEC menyelenggarakan tahap comeback pertama mereka melalui Music Bank KBS pada tanggal 22 April 2011.

Kelompok ini telah mencapai 8-kemenangan dengan single "Pinocchio (Danger)" dari acara musik, yaitu M! Countdown , Music Bank dan Inkigayo.

Pada tanggal 8 Juni diumumkan bahwa f (x) akan merilis album repackaged mereka Pinocchio, berjudul "Hot Summer", pada tanggal 14.  didalamnya terdapat 10 lagu dari album pertama mereka dan lagu baru "Hot Summer" , lagu OST mereka untuk "Paradise Ranch" dan single digital "Chu "dan" La Cha Ta "


Pada tanggal 13 Desember 2011, f (x) merilis satu lagu bahasa Inggris berjudul "1, 2, 3" sebagai bagian dari album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift. Hal ini juga telah mengungkapkan bahwa f (x) akan membuat comeback dalam bulan Juni atau Juli 2012.


                                               -FINISH-

# thanks for read :)

~~ Follow my twitter account : @alfridaAR :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar